Analisis Kernel: Terjemahan Efesus 2:8-9

Menurut Nida, "Kernels are the basic structural elements out of which the language builds its elaborate surface structure." Sederhananya, kernel adalah sebuah kalimat dengan pola atau struktur paling mendasar yang ditransformasi dari surface structure (wacana yang tertulis atau diucapkan). Transformasinya disebut back-tranformation. Back-transformation is a grammatical process by which the surface structure of a discourse is analyzed, by the application of rigorous rules, into its underlying kernels in the same language. Beberapa rules atau langkah-langkahnya adalah (1) mengidentifikasi the basic structural elements dari setiap kata yang ada di dalam surface structure ke dalam semantic categories seperti event (E) (yang diwakili oleh verba), object (O) (yang diwakili oleh nomina), abstract (A) (yang diwakili oleh adjektiva dan adverbia), dan relational (R) (yang diwakili oleh konjungsi dan preposisi), (2) membuat eksplisit structural elements yang implisit untuk melengkapi kernel, (3) membuat kernel, (4) mengelompokkan kernel berdasarkan semantic relations, (5) semantic relations yang ada dipakai untuk menterjemahkan ke bahasa target. Sebagai contoh, Efesus 2:8-9:
Langkah 1: THi (A) GAR (R) CARITI (E) ESTE SESWSMENOI (E) DIA (R) PISTEWS (E); KAI (R) TOUTO (E) OUK (A) EX (R) hUMWN (O), QEOU (O) TO (A) DWRON (E); OUK (A) EX (R) ERGWN (E), hINA (R) MH (A) TIS (O) KAUCHSHTAI (E).
Langkah 2: beberapa implisit elemen yang perlu ditambahkan: Allah (sebagai subjek dari CARITI dan SESWSMENOI), kamu (sebagai subjek dari PISTEWS), menyelamatkan (sebagai predikat dengan hUMWN sebagai subjek), kamu (sebagai objek dari TO DWRON dan subjek ERGWN).
Langkah 3:
Ada 7 kernels yang tercatat di sini:
1. Allah memberikan anugerah-Nya.
2. Allah menyelamatkan kamu.
3. Kamu percaya.
4. Kamu tidak menyelamatkan dirimu sendiri.
5. Allah memberikannya kepadamu
6. Kamu tidak mengusahakannya.
7. Tidak ada seorangpun memegahkan diri.
Langkah 4:
Semantic relations dari kernels di atas adalah sebagai berikut.
1. Kernel 1 adalah cara dari peristiwa di kernel 2.
2. Kernel 3 adalah instrumen dari peristiwa di kernel 2.
3. Kernel 4 adalah kontras dengan kernel 2.
4. Kernel 5 adalah kontras dengan kernel 4 dan sebuah konfirmasi dan penekanan dari kernel 2.
5. Kernel 6 adalah penjelasan tambahan terhadap kernel 4.
6. Kernel 7 adalah hasil dari kernel 1-6.
Langkah 5:
"Allah memberikan anugerah-Nya kepada kamu, dan dengan cara ini kamu selamat melalui kepercayaanmu kepada Dia. Kamu sendiri tidak dapat menyelamatkan dirimu sendiri. Namun, Allah memberikan keselamatan itu kepadamu. Kamu tidak memperolehnya lewat usahamu. Sehingga tidak ada seorang pun dapat memegahkan dirinya atas apa yang Allah telah kerjakan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.